cara daftar uber online, klik sign up uber, uber driver, gocar driver, grab driver, om telolet om, alamat uber, join uber, jadi supir uber, syarat driver uber slip gaji, cetak kertas, karbonise, carbonized, jasa slip gaji, 3ply, payroll, cetak slip gaji paling murah, tempat bikin slip gaji palsu, mau buat slip gaji untuk syarat kelengkapan pengajuan apply kartu kredit KTA

Hadits - Keutamaan Hari Jum'at


Berikut beberapa hadits yang menjelaskan keutamaan hari Jum'at bagi kita ummat ISLAM dibandingkan dengan hari yang lain

Jumat barokah, Hari raya mingguan, islam, moslem, vision of life, way of life
Hari Jum'at merupakan hari raya tiap pekan
Dari Abu Hurairah RA, bahwa Nabi SAW bersabda :

"Wahai kaum muslimin, sesungguhnya saat ini adalah hari yang dijanjikan oleh Allah sebagai hari raya untuk kalian. Karena itu, mandilah dan kalian harus menggosok gigi" (HR Tabrani dalam Mu'jam Ash-Shaghir dan dinilai sahih oleh Al-Albani)

"Sesungguhnya, hari Jum'at adalah hari raya. Karena itu, janganlah kalian jadikan hari raya kalian ini sebagai hari untuk berpuasa. Kecuali jika kalian berpuasa sebelum atau sesudah hari Jum'at" (HR Ahmad & Hakim; dinilai sahih oleh Syu'aib Al-Arnauth)

Hari Jum'at merupakan Yaumul Mazid (Hari Tambahan) bagi penduduk Surga
Dari Anas bin Malik RA, bahwa Nabi SAW bersabda :

Jibril pernah mendatangiku dan ditangannya ada sesuatu seperti kaca putih. Didalam kaca itu ada titik hitam.
Aku bertanya, "Wahai Jibril, ini apa?"
Beliau menjawab, "ini hari Jum'at"
Aku bertanya lagi, "apa maksudnya hari Jum'at?"
Jibril mengatakan, "kalian mendapatkan kebaikan didalamnya"
Aku bertanya, "apa yang kami peroleh di hari Jum'at?"
Beliau menjawab, "hari Jum'at menjadi hari raya bagimu dan bagi kaum setelahmu. Sementara orang Yahudi & Nasrani mengikutimu (hari Sabtu - Ahad/Minggu)"

Aku bertanya lagi, "apa lagi yang kami peroleh di hari Jum'at?"
Jibril menjawab, "didalamnya ada satu kesempatan waktu; jika ada seorang hamba muslim berdoa bertepatan dengan waktu tersebut untuk urusan dunia serta akhiratnya dan itu menjadi jatahnya di dunia, maka pasti Allah kabulkan do'anya. Jika itu bukan jatahnya, maka Allah simpan untuknya dengan wujud yang lebih baik dari perkara yang dia minta, yang nilainya lebih besar dibandingkan do'anya"

Aku bertanya kembali, "apa titik hitam ini?"
Jibril menjawab, "ini adalah Kiamat, yang akan terjadi di hari Jum'at. Hari ini merupakan pemimpin hari yang lain menurut Kami. Kami menyebutnya sebagai Yaumul Mazid, hari tambahan pada hari Kiamat"

Aku bertanya, "apa sebabnya?"
Jibril menjawab, "karena Rabbmu, Allah,  menjadikan satu lembah dari minyak wangi putih. Apabila hari Jum'at datang, Dia Dzat yang Maha Suci turun dari illiyin diatas kursi-Nya. Kemudian kursi itu dikelilingi emas dan dihiasi berbagai perhiasan. Kemudian datanglah para Nabi dan mereka duduk diatas mimbar tersebut. Kemudian datanglah para penghuni Surga dari kamar mereka, lalu duduk diatas bukit pasir"
"Kemudian Rabbmu, Allah, Dzat yang Maha Suci lagi Maha Tinggi menampakkan diri-Nya kepada mereka dan berfirman, "Mintalah, pasti Aku beri kalian!" Maka mereka meminta ridha-Nya. Allahpun berfirman, ridha-Ku adalah Aku halalkan untuk kalian rumah-Ku dan Aku jadikan kalian berkumpul di kusi-kursi-Ku. Karena itu mintalah, pasti Aku beri!" Merekapun meminta kepada-Nya. Kemudian Allah bersaksi kepada mereka bahwa Allah telah meridhai mereka. Akhirnya, dibukakanlah sesuatu untuk mereka, yang belum pernah dilihat mata, belum pernah didengar telinga dan tidak pernah terlintas dalam hati seseorang. Dan itu terjadi selama kegiatan kalian di hari Jumat."

"Sehingga tidak ada yang lebih mereka nantikan, melebihi hari Jumat, agar mereka bisa semakin sering melihat Rabb mereka dan mendapatkan tambahan kenikmatan dari-Nya.”
(HR Ibnu Abi Syaibah, Thabrani dalam Al-Ausath, Abu Ya’la dalam Al-Musnad, dan statusnya hasan atau sahih, sebagaimana keterangan Abdul Quddus Muhammad Nadzir)

Dilarang berpuasa dihari Jum'at saja
Tidak diperbolehkan bagi seorang muslim untuk melakukan puasa di hari Jumat saja, padahal saat hari Kamis dia tidak berpuasa atau di hari Sabtu dia juga tidak puasa.

Dari Abu Hurairah RA, beliau mendengar Nabi SAW bersabda :
“Janganlah kalian berpuasa pada hari Jumat, kecuali jika telah berpuasa sehari sebelumnya atau akan puasa sehari setelahnya.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dari Ummul Mukminin, Juwairiyah binti Al-Harits RA; Nabi SAW menemuinya di hari Jumat sementara dia sedang berpuasa. Beliau bertanya, “Apakah kemarin kamu puasa?” Dia menjawab, “Tidak.” Beliau bertanya lagi, “Apakah besok kamu mau berpuasa?” Dia menjawab, “Tidak.” Beliau bersabda, “Berbukalah!” (HR Bukhari, Abu Daud dan Ibnu Abi Syaibah)

Sebagian malaikat duduk didepan pintu masjid
Di hari Jumat, Allah mengutus beberapa malaikat untuk berjaga di pintu masjid, mencatat setiap orang yang datang untuk melaksanakan ibadah sholat Jumat sebelum khatib naik mimbar.

Dari Abu Said Al-Khudri RA, Nabi SAW bersabda :
“Apabila hari Jumat datang, para malaikat duduk didepan pintu masjid-masjid. Mereka mencatat setiap orang yang datang sesuai dengan waktu kedatangan mereka. Ada orang yang seperti berkurban unta, ada yang seperti berkurban sapi, ada yang seperti berkurban kambing, ada yang seperti berkurban ayam, ada yang seperti berkurban burung dan ada yang seperti berkurban telur. Ketika muazin melakukan azan dan imam sudah duduk di mimbar maka buku catatan ditutup dan mereka masuk masjid, mendengarkan khotbah.”
(HR Ahmad, sanadnya dinilai hasan oleh Syu’aib Al-Arnauth)

Kiamat terjadi dihari Jumat
Dari Abu Hurairah RA, bahwa Nabi SAW bersabda :
“Hari terbaik saat matahari terbit adalah hari Jumat. Dihari itu, Adam diciptakan; dihari itu Adam dimasukkan ke surga; dihari itu pula Adam dikeluarkan dari surga; dan kiamat tidak akan terjadi kecuali di hari Jumat.” (HR Muslim, Ahmad, dan Turmudzi)

والله أعلمُ بالـصـواب
CB Blogger
CENTRAL DATA ™ Updated at: 1:41 PM
Facebook Comments
0 Blogger Comments

No comments: