cara daftar uber online, klik sign up uber, uber driver, gocar driver, grab driver, om telolet om, alamat uber, join uber, jadi supir uber, syarat driver uber slip gaji, cetak kertas, karbonise, carbonized, jasa slip gaji, 3ply, payroll, cetak slip gaji paling murah, tempat bikin slip gaji palsu, mau buat slip gaji untuk syarat kelengkapan pengajuan apply kartu kredit KTA

Kamus dan Istilah Lengkap Seputar Dunia Android

Urutan Versi Android :
  • Alpha (1.0)
  • Beta (1.1)
  • Cupcake (1.5)
  • Donut (1.6)
  • Eclair (2.0–2.1)
  • Froyo (2.2–2.2.3)
  • Gingerbread (2.3–2.3.7)
  • Honeycomb (3.0–3.2.6)
  • Ice Cream Sandwich (4.0–4.0.4)
  • Jelly Bean (4.1–4.3.1)
  • KitKat (4.4–4.4.4, 4.4W–4.4W.2)
  • Lollipop (5.0–5.1.1)
  • Marshmallow (6.0)

KAMUS & ISTILAH SEPUTAR ANDROID
A -
Apps : Singkatan dari applications. Program atau aplikasi yang kita download dan jalankan di HP kita. aplikasi Bisa gratis dan bisa juga berbayar.

AOSP: Android Open Source Project. Saat kita mengatakan bahwa Android itu open source maka kita merujuk pada hal ini, tempat dimana source code untuk Android berada dan bisa diunduh serta dipakai oleh siapapun.

apk: Ekstensi file untuk aplikasi Android

Android : Sistem Operasi yang menggunakan kernel linux 2.6 dan Dalvik VM yang dibuat oleh Android, Inc.

Android SDK : Merupakan paket starter yang berisi tools, sample code, dan dokumentasi penggunaan yang berguna untuk pengembangan aplikasi Android.

ADB (Android Debug Bridge) Tools : Tool yang dipakai untuk command terminal di sistem android. Perintah dasar seperti : ADB Push (upload file ke sistem android), ADB Pull (download file dari sistem Android), ADB Install (install apk (paket installasi) file ke sistem android)

Android Virtual Device (AVD) : Merupakan Emulator untuk menjalankan OS android di PC dekstop maupun laptop under Windows ataupun Mac maupun Linux.

ADB (Android Debug Bridge) adalah applikasi yang berjalan di komputer (mirip command prompt) yang fungsinya berkomunikasi dengan handphone yg terkoneksi ke PC. Beberapa proses rooting handphone Android akan menggunakan ADB.

AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) merupakan layar display handphone yang memiliki tingkat warna dan brightness yang sangat baik.

B -
Bootloader : internal mode di handphone yang membantu dalam flashing dan aktivitas lain

Bootloop: Keadaaan dimana proses booting suatu handheld terhenti dan tidak bisa masuk ke homescreen.

BootAnimation.zip : File boot Animation berupa file PNG sequensial yg terletak di folder /system/media/

Build.prop : merupakan file konfigurasi hardware dan OS Android.

Busybox : Kumpulan command-command linux shell yang dipakai di sistem Android.

Backup : Cadangan, bentuk media bisa jadi file, hasil copy dari file (mirror) image yng di ambil dari harddisk atau operating system dan bisa juga file dibuat oleh aplikasi backup untuk restore. Apps Titanium Backup,Nandroid.

C -
CWM Recovery (ClockWork Mod) : Aplikasi ini asalnya dibuat oleh Koush, untuk mengatur ROM di hp Android. Banyak kegunaan CWW ini salah satunya untuk membackup dan restore aplikasi, menghapus (wipe) data di sistem dan di cache (Dalvik). Biasanya diperlukan untuk menginstall (flashing) ROM baru, menjalankan atau mematikan Lagfix dari kernel Voodoo dsb.

Custom ROM : modifikasi dari OS Android. Biasanya akan terdapat fitur tambahan, tampilan yg berbeda, lebih cepat, ataupun versi Android yg belum dirilis secara resmi di handhone. Contoh Custom ROM salah satunya adalah Cyanogenmod.

D -
DLNA: Singkatan dari Dynamic Living Network Alliance, suatu metode untuk men-stream foto dan video secara nirkabel dari telepon pintar kita ke TV.

DDMS (Dalvik Debug Monitor Server) : Merupakan aplikasi untuk nge-debug atau menelusuri proses berjalannya aplikasi-aplikasi di OS Android, dan juga dapat dipakai sebagai file manager maupun screencapture/screenshot display di Android.

Dalvik VM : Bagian dari arsitektur Android, merupakan virtual machine yang berfungsi sebagai runtime aplikasi Android antara JAVA programming dan Library C/C++.

E -
Eclipse : Merupakan IDE (Integrated development environment) untuk programming Java-Android.

F -
Flashing: Flashing secara umumnya adalah penggantian versi firmware, bisa downgrade atau upgrade tergantung ketersedian firmware itu sendiri.

Firmware: Firmware sendiri dapat dikatakan sebagai versi dari operating system. Flashing Hanya dilakukan untuk advance user.

Framework-res : File yang dipakai untuk tema di sistem Android.

Fastboot: Mode yang mirip dengan bootloader, dimana kita bisa memflash komponen low-level ke telepon kita.

FC (force close) : keadaan ketika suatu applikasi yang mendadak mati/error.

G -
Google Play merupakan pusat repository / toko applikasi resmi buatan Google dimana user dapat mendowload game, applikasi, musik, video dan ebook baik yang berbayar ataupun gratis. (sebelum Maret 2012 nama yg dipakai adalah Android Market)

Gorilla Glass : layar kaca tipis buatan Corning yang kuat, anti gores yg biasa dipakai oleh handphone ataupun tablet kelas high-end.

H -
Hack (Hacking): Memodifikasi sitem Android untuk menambahkan kustomisasi, fitur, atau melewati batasan yang dibuat oleh operator atau OEM (lihat root).

Hard reset : tindakan mengembalikan kondisi handphone ke konfigurasi awal sama saat hp pertama kali dibeli. Proses ini akan menghapus semua data user, setting custom, dll.

I -

J -
Java : Bahasa pemrograman yang dipakai di Aplikasi Android

JIT (just in time) : Merupakan compiler Dalvik di android, yang berfungsi menekan ukuran memory, menekan waktu dan mendapatkan kualitas seifisien mungkin.

K -
Kernel: Fungsi Kernel adalah sebagai jembatan antara Operating System (OS) dan hardware. Dengan kata lain, kernel berfungsi sebagai penghubung antara sofware dengan hardware. Dalam konteks hanphone Android, kernel juga menyimpan informasi driver untuk hardware. Oleh karenaya Kernel bisa diganti dengan proses flashing untuk meningkatkan performa hardware Android, misalnya overclock, memaksimalkan kemampuan suara, grafis dan lain-lain.

L -
LBS (Location Based Sistem) : Merupakan sistem yang berbasis lokasi, seperti halnya aplikasi foursquare dan facebook places di HP Android.

Launcher: Bagian User-Interface dari Android Home screen yang memungkinkan anda melakukan panggilan telepon, menjalankan applikasi, dll.

M -

N -
NFC (Near-field communication) memiliki fungsi menghubungkan handphone dengan device lain (handphone, alat pembayaran instan). NFC di Android saat ini dipakai bersamaan dengan Google Wallet sebagai alat pengganti kartu kredit.

O -
Overclock: membuat suatu perangkat untuk berjalan di kecepatan yang lebih tinggi daripada ketentuan pembuat perangkat tersebut.

OTA (Over the Air) biasanya dipakai untuk mendownload data ataupun proses upgrade applikasi ataupun OS.

P -
Proximity sensor adalah sensor yang mampu mendeteksi keberadaan suatu benda yang mendekat tanpa perlu ada kontak fisik. Fungsi Proximity sensor di Android akan membuat layar hp meredup / mati saat didedekatkan ke wajah untuk menghemat baterai.

R -
Reset (hard, soft): Proses dalam rebooting telepon. Soft reset adalah mematikan atau menyalakan telepon, atau dengan melepas batere. Sedang hard reset juga diartikan sebagai factory reset, dan menghapus semua data di handheld kita.

ROM: Secara harafiah berarti “Read Only Memory.” Di dalam Android, inilah yang kita jalankan saat saat memakai handheld.

Recovery Mode: adalah satu proses yang bisa dilakukan di Android sebelum masuk OS. Proses ini mirip BIOS di komputer dimana kita bisa mengubah konfigurasi hardware di Android.

Revue: Google TV set-top box dari Logitech, yang terdiri dari full-sized keyboard, dan memiliki kemampuan nirkabel. Salah satu gadget Google TV pertama.

Root : memodifikasi Android sehingga memberikan pengguna akses penuh ke handphone Android. Mirip perintah Run as administrator di Windows ataupun mengetikkan perintah sudo di terminal Linux. Ada dua cara untuk me-root, pertama dengan menginstall applikasi Superuser atau men-flash Custom ROM yang sudah menyertakan akses Root.

S -
Superuser : Merupakan file yang dipakai untuk masuk sebagai su (superuser), administrator di sistem android.

SD card (atau microSD card): Kartu kecil yang terbuat dari plastik untuk meningkatkan kapasitas memori di handheld kita, digunakan oleh applikasi untuk menyimpan data, kita juga bisa menyimpan lagu, foto, dll. disitu.

Sideload: Suatu tindakan untuk menginstall aplikasi yang didapat dari luar Android Market.

Sideload Wonder Machine: Program open-source yang membuat kita bisa menginstall aplikasi via computer, menerobos batasan yang dibuat oleh operator (hanya terjadi di handheld yang dibundling operator di AS)

Soft reset: Mereset handphone tanpa mengubah / menghapus data. Soft reset bisa dilakukan oleh applikasi ataupun dengan cara melepas baterai.
T -
Tethering adalah membagi (share) akses internet yang ada di handphone Android ke device seperti hp, ataupun laptop baik dengan kabel USB (Wired Tether) ataupun Wifi (Wireless Tethering).

TouchWiz adalah tampilan muka (user interface) yang terinstall secara default di semua handphone atau tablet buatan Samsung

U-

V -

W -
Widget: Applikasi mini yang ditaruh di layar Home screen dan dipakai untuk menunjukkan info tertentu (weather widget, currency widget, dll).

X -

Y -

Z -

CB Blogger
CENTRAL DATA ™ Updated at: 5:09 PM
Facebook Comments
0 Blogger Comments

No comments:

Post a Comment